Wednesday, March 28, 2007

Sekilas Potret Teater di Indonesia

Festival Teater Anak-Anak Tingkat Dunia ke-9 yang diadakan di Lingen, Jerman, pada tanggal 14 - 21 Juli 2006, diikuti oleh perwakilan teater anak-anak dari 24 negara. Dari hasil festival tersebut tim dari Indonesia yang diwakili oleh Teater Tanah Air (TTA), berjumlah 14 anak dan 9 orang panitia, telah mendapat penghargaan sebagai TIM TERBAIK dengan 14 medali emas.
TTA menampilkan alur cerita yang ditulis oleh Putu Wijaya dan disutradarai oleh pendiri dari TTA, Jose Rizal Manua. TTA didukung pula oleh tim sukses yang terdiri dari Santi Diansari sebagai pimpinan proyek, Peggy Melati Sukma sebagai project officer dan juru bicara, Garin Nugroho sebagai penasehat, Alika Chandra sebagai pimpinan produksi, serta beberapa personil lainnya.
Semua kelompok teater yang mengikuti festival ini memiliki prestasi terbaik dari tingkat dunia dan berhasil lolos seleksi dari 60 teater anak-anak di seluruh dunia. Teater Tanah Air dapat lolos seleksi pada tahun 2004 dengan menjuarai festival teater anak-anak tingkat Asia Pasifik di Jepang, dan pada kesempatan tersebut telah berhasil mendapatkan medali emas, sehingga dapat masuk sebagai anggota Organisasi Amatir Teater International.
Sampai sekarang pun teater binaan Jose Rizal Manua ini secara rutin tampil di berbagai negara sebagai tamu yang diundang untuk dapat menampilkan karya-karya yang khas dari dunia anak-anak, namun karena para pemainnya masih merupakan siswa sekolah maka tidak semua undangan dari berbagai negara itu terpenuhi, disesuaikan dengan jadwal pendidikan para pemainnya.

No comments: